Rabu, 14 Desember 2011

Burung Surga Indonesia

Burung yang paling indah di dunia adalah cendrawasih yang terutama dijumpai di Irian. Burung yang menabjubkan ini telah di kenal di dunia Barat sejak tahun1522 ketika itu satu-satunya kapal Magellan yang selamat kembali ke Spanyol. Kapal itu nenbawa beberapa kulit cendrawasih, hadiah raja Maluku untuk Spanyol. Bulu-bulu tersebut begitu indahhingga orang Spanyok mengiranya bulu malaikat dari Surga.

Cendrawasih ekor pita (Astrapia mayeri) dari Papua Nugini ditemukan pada tahun 1938, dan mungkin masih banyak lagi yang mungkin belum diketahui dan ditemukan di lembah-lembah sepi Irian Jaya.

Dari 42 jenis yang dikenal, dua dijumpai hanya di Australia, du ditemukan baik di Irian Jaya maupun Australia, dan dua hanya ditemukan di kepulauan Maluku, sedangkan 36 jenis lainnya hanya terdapat di Irian yang merupakan daerah asalnya. Burung cendrawasih Menghuni kisaran habitat yang luasdi hutan dataran rendah sampai ke pegunungan. Masing-masing jenis hanya terdapat pada kisaran ketinggian tertentu dan beberapa seperti burung cendrawasih MacGregor hanya dijumpai di satu atau dua lembah di dataran tinggi. Isolasi geografis yang disebabkan adanya barisan pegunungan yang tidak dapat dilalui, telah memungkinkan burung cendrawasih berkembang menjadi jenis-jenis yang berbeda. Adanya isolasi tersebut juga memberikan satu kepastian bahwa hanya beberapa jenis yang telah dipelajari di alam dan habitat dari banyak jenismasih tetap merupakan rahasia.










1 komentar:

  1. mohon izin copas link ini untuk posting di FB JUPITER CLUB INDONESIA REGION PAPUA.thingkyu

    BalasHapus

Entri Populer