Minggu, 18 Desember 2011

10 Hal yang Perlu & Jangan Dilakukan Saat Naik Gunung




Sekarang ini gunung bukan lagi tempat sulit untuk dikunjungi. Sudah banyak orang yang memilih gunung sebagai tujuan liburan. Tapi, tidak semua orang tahu hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika naik gunung.

Salah kostum saat naik gunung, atau kejadian cidera yang tidak perlu, terkadang terjadi ketika kita salah mempersiapkan diri sebelum pergi ke gunung. Ini dia hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika Anda akan naik gunung, yang berhasil detiktravel kumpulkan, Minggu (27/11/2011):

1. Bawa pakaian secukupnya

Ketika naik gunung, bawalah pakaian yang pasti diperlukan, seperti pakaian ganti, jaket, kaos kaki, dan jas hujan. Pakaian ganti yang dibawa jumlahnya disesuaikan dengan lama waktu kita berada di gunung, agar tidak memberatkan tas.

2. Bawa barang yang penting saja

Usahakan jangan membawa lebih dari satu tas. Pilihlah barang apa saja yang penting untuk dibawa ketika naik gunung. Membawa barang yang belum tentu digunakan di gunung, hanya akan menambah beban tas dan bisa menghambat pendakian, misalnya termos atau tikar.

3. Gunakan sepatu

Kebanyakan para pemula memakai sendal gunung ketika mendaki. Padahal, untuk mendaki gunung pelu menggunakan sepatu yang tertutup rapat agar kaki terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan saat pendakian, seperti tergores kayu atau yang paling sering terjadi terhisap lintah. Jenis sepatu olahraga atau boots bisa menjadi pilihan.

4. Gunakan kaos

Saat mendaki gunung, ada baiknya Anda memakai baju berbahan kaos yang bisa menyerap keringat dan berwarna terang. Kaos yang terang membantu Anda terhindar dari nyamuk dan membuat Anda lebih mudah dilihat oleh rekan sependakian.

5. Bawa makanan ringan dan minumam

Hawa sejuk di gunung kadang membuat kita lupa untuk minum, padahal tanpa kita sadari tubuh sudah mulai dehidrasi. Untuk menghindari itu semua, pastikan Anda selalu membawa minum. Makanan ringan juga perlu dibawa untuk menambah energi ketika pendakian.

6. Bawa senter

Pencahayaan di gunung sangat minim, oleh karena itu penting bagi Anda untuk membawa senter. Lebih baik jika Anda membawa headlamp atau senter yang bisa dipakai di kepala untuk mempermudah pergerakan.

7. Pakai lotion anti nyamuk

Nyamuk adalah binatang yang kosmopolit, bisa ditemukan dimana saja, termasuk gunung. Di gunung, nyamuknya berukuran besar-besar dan sangat sakit ketika menghisap darah. Untuk menghindari itu, Anda bisa menggunakan obat anti nyamuk oleh ke seluruh tubuh. Maka perjalanan Anda pun akan tenang tanpa harus takut di hisab nyamuk.

8. Jangan pakai baju tipis

Kekeliruan yang paling umum dilakukan oleh para pendaki pemula adalah memakai baju tipis dan celana pendek. Udara gunung pada siang hari memang cenderung sejuk, tetapi begitu malam tiba, udara sudah tidak bersahabat lagi dan dingin semakin ekstrem. Selain itu, semakin tinggi gunung yang didaki, maka semakin dingin pula udaranya. Jadi untuk para pendaki, jangan gunakan baju yang berbahan tipis, gunakan jaket tebal untuk menghindari kedinginan dan pakai celana panjang.

9. Jangan gunakan parfum

Penting untuk diketahui para pendaki,jangan menggunakan parfum selama mendaki hingga turun gunung. Parfum bisa mengundang serangga-serangga yang ada di sekitar gunung mendekat dan mengikuti kemana saja Anda pergi. Sangat menganggu!

10. Jangan bawa alat masak yang merepotkan

Alat masak memang diperlukan untuk menyiapkan makanan selama di gunung. Tapi, Anda tidak perlu membawa alat masak yang besar seperti penggorengan. Cukup membawa alat masak yang praktis misalnya kompor portable agar tidak merepotkan selama berada di gunung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer