Senin, 29 April 2013

Eksploitasi Kesedihan Wafatnya UJ Oleh Media


Televisi mulai kebablasan. Media online juga. Semua tak henti memberitakan meninggalnya ustad Jefry Al Buchori atau yang akrab dipanggil Uje. Hampir semua chanel televisi memberitakannya siang malam, termasuk televisi berita yang biasanya “intelek”.
Saking kebablasannya bahkan soal firasat kematian Uje pun diberitakan. Dimana disebutkan ibunda Uje berfirasat Uje sudah pamitan dengan pemberian uang Rp.500 ribu dst. Apa media tak tahu bahwa firasat bukan fakta dan secara etika tak boleh diberitakan?

Yang juga tak enak hati melihatnya adalah, saat jurnalis mewawancarai ibu dan keluarga korban (Uje). Apa tidak sungkan menanyai aneka rupa saat orang lagi berduka. Mbok ya dikasih waktu orang lagi berduka untuk mengambil nafas gitu loh.
Lagian mengapa pula memberitakan kedukaan berpanjang-panjang, segala segi dibahas, dari firasat, pemberian uang Rp500 ribu, honor pertama Uje dakwah sebesar Rp35 ribu, dst selama berjam-jam dalam tiga hari siang malam. Dan entah kapan kehebohan ini berakhir.
Kedukaan itu pahit. Kepahitan itu begitu sulit ditelan oleh jiwa di masa-masa awal kematian orang yang dicintai. Istri Uje saja sampai dua kali pingsan. Apa tak lebih baik keluarga korban dibiarkan hening dari hingar pemberitaan dan buruan jurnalis.

Ah, semoga Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyikapi eksploitasi kesedihan di media demikian dengan baik. Semoga media pun introspeksi diri, terutama dalam menerapkan standar etika yang ketat.
Publik seperti saya perlu juga asupan berita yang lain. Banyak ketimpangan sosial, mafia hukum, jual beli jabatan, infrastruktur yang terbengkalai dst. Semua butuh porsi pemberitaan.
Uje sudah menuntaskan pengabdiannya di dunia dan insya Allah sudah tenang di alam kubur. Media, sudahlah, hentikan eksploitasi duka demikian.
(SP)

1 komentar:

  1. kesannya media mencari "untung" di balik wafatnya Uje. soalnya masyarakat kan lagi nyari berita tentang beliau, jadinya dimanfaatin deh sama media untuk menarik penonton.. huh..

    BalasHapus

Entri Populer