Sabtu, 01 Desember 2012

Yang merasa kelahiran tahun 90-an, nostalgia yuk ^^

Sweet old times
Nostalgia masa lalu….
Bismilah…………….
Oke, setelah sekian lama tidak update blog, akhirnya nemu bahan buat update juga.. hehe.. kali ini, kita akan menjelajahi masa lalu saya (masa kecil lebih tepatnya) atau mungkin masa kecil dari anak-anak yang lahir tahun 90-an.  Kali ini saya tidak akan menggunakan bahasa formal, layaknya postingan-postingan sebelumnya yang bertopik serius, karena apa??? Karena ini nostalgia menn.. biar lebih dramatis begitu… hehe :P
Oke, saya sadar sepenuhnya kalau kita tidak hidup di masa lalu. Seperti kata opa walt disney :
“around here, however, we don’t look backwards for very long. We keep moving forward, opening up new doors, and doing new things, because we’re curious.. and curiosity keeps leading us down new paths”
-walt disney-
Ya, saya setuju dengan pernyataan opa disney. Bahkan itu termasuk quote favorit saya lho. Tetapi untuk sekedar menoleh kebelakang sesekali, mengenang masa-masa manis yang telah kita lalui, tentu sah-sah saja, apalagi dengan melakan itu, bisa merecharge energi kita untuk menyongsong hari baru. Iya kan?
Oke, kita mulai perjalanan masa kecil kita, teman-teman rakitan tahun 90-an ^_^

—————————————————————————
Penyanyi cilik
Waktu saya kecil, banyak banget penyanyi-penyanyi cilik, alhasil masa kecil kami pun bahagia sekali deh, tidak dijejali lagu-lagu cinta band-band galau jaman sekarang :P . Trio kwek-kwek, joshua #diobok-obok airnya diobok obok (kurang kerjaan banget, airnya diobok-obok -_-), eno lerian.. banyak nyamuk di rumahkuu… gara-gara kamuu… #nyanyi :p
Goosebumps!
baca bukunya sampe addicted, seneng banget sama imajinasi pengarangnya, kadang sampe katakutan sendiri baca ini  buku. Dulu pas SMA kelas 1, setelah sekian lama tidak membaca ini buku, ada teman saya yang punya ini buku! Wow, kenangan masa lalu terulang lagi.. langsung saja saya pinjam dua buku darinya, saya bawa pulang. Dan alhasil, persis seperti beberapa tahun sebelumnya. Sebelum saya menyelesaikan buku itu, pasti saya mengerjakan segala kegiatan saya sambil baca buku itu. Sampai-sampai di kantin sekolah pun sembari makan saya sambi membaca buku saking terbawa suasana.. hehe..
Pake jam G-Shock (nyang bisa nyala)..
wess jaman dulu kalo udah pake ini jam, berasa anak paling keren sedunia pokoke… hehe.. apalagi kalo pencetannya dipencet-pencet, bunyi tut..tut..tut.. keren banget jaman dulu itu jam..
Maen monopoli, ular tangga!
Paling seneng kalo main ular tangga dapet tangga yang langsung membawa saya ke kotak nomor 90 an.. tinggal sepuluh langkah lagi menang deh.. haha. Dulu waktu kecil pernah maen ular tangga sama temen sampai berpuluh-puluh kali sampe kalo menang dibikin turus (yang kayak di pemilu-pemilu itu lho). Diitung berapa kali saya menang dan berapa kali teman saya menang. Banyak-banyakan jumlah menang gitu deh :D
Jajanan masa kecil!
jajan anakmas, coklat coki-coki, wafer superman (paling nostalgia sama nih wafer), mie fajar yang makannya ga direbus dulu, tapi langsung dimakan mentah-mentah (harganya waktu SD dulu masih inget kalo ga salah 400 perak nih mi fajar), makan permen jagoan neon biar lidahnya berwarna, hehehe… kalo anak mas belinya langsung serenteng, terus rentengannya diselempangin di pundak, udah berasa kayak rambo atau miss universe.. haha..
Tontonan di Tipi
nonton ksatria baja hitam, sailormoon (dulu nonton bareng-bareng di rumah tetangga, walaupun punya tivi sendiri.. hehe, soalnya lebih seru nonton rame-rame… dan kalian tahu? Yang nonton sailormoon cowok semua lhoo…. :P … tidak-tidak, saya bukan Maho. Saya cowok normal. Serius!), power ranger, amigos x sempre (lagunya itu lhoo.. hahaha…), jiraiya (seneng banget sama mobil merahnya yang lampunya bisa nongol di depan mobilnya). Satu lagi : JIBAN! Seneng banget sama robot polisi yang satu ini, hehehe.. sampe-sampe dulu bisa buat origami topeng jiban dari kertas, terus saya pake dengan bangganya di wajah saya, sambil niruin gayanya jiban! wahahaha…
nontonnya sinetron lupus (benar-benar udah lama nih sinetron, kenangan banget_)
band-band jaman dulu keren-keren lohh..
jaman-jamannya band boomerang, stinky, dewa 19, sheila on 7, tipe-x, jamrud, padi (sampe-sampe punya kasetnya yang asli, dirumah masih ada tuh kaset). Bener-bener masih berkualitas dibandingkan band-band jaman sekarang.. :P
Sepatu PRO-ATT!!!
Yang bisa nyala di bagian bawahnya! HAHA..! seneng banget waktu dulu kecil punya ini sepatu.. suka dipake pas malem hari biar nyalanya kelihatan terang.. hehehe (padahal sekolahnya kan pagi T_T). Kalo udah punya sepatu ini, udah berasa bocah paling kece sedunia.. HAHA
Ngumpulin TAZOZ!
punya sampe satu kantung kresek besar, suka dibuat disusun-susun jadi motor, mobil, istana, wah, banyak deh.. :D gambarnya dari pokemon sama looney toones biasanya.. dulu ngumpulin nih tazoz seneng banget, beli chiki banyak banget (soalnya hadiahnya tazoz :D ) sampe-sampe mabok chiki… haha
TAMAGOTCHI!!
Wahaha. Dulu punya banyak banget tamagotchi, miara binatang virtual.. walaupun dulu ga bisa maennya. Soalnya saya dibeliin tamagotchi pas masih kecil banget, tapi seneng mencet-mencetnya.. sampe-sampe tamagotchinya rusak dibeliin lagi. Ehh rusak lagi dibeliin lagi… sampe banyak banget tamagotchi saya dulu dari berbagai bentuk dan ukuran… :D
Ngumpulin kertas loose leaf
yang gambarnya lucu-lucu warna-warni, tuker-tukeran loose leaf (kalo ini saya ga ngelakuin, tapi temen-temen perempuan saya sekelas pas dulu SD seneng banget sama kegiatan yang satu ini)
sinetron!
Nonton sinetron tersanjung (episodenya sampe beratus-ratus bray.. HAHA) tapi tetep aja setia dipantengin sama saya sama ibu saya dulu.. :D
Nonton si doel, keluarga cemara (oh maannn, dua sinetron ini bener bener dua sinetron asli indonesia terbaik bagi saya sampe saat ini! Bener-bener ngangenin! Apalagi yang keluarga cemara tuh, ga pernah ditayangin ulang lagi sampe saat ini T_T… semoga ada pihak stasiun televisi yang baca postingan saya ini, terus nayangin keluarga cemara.. hehe)
Kalo sinetron yang dari luar negeri, kabut cinta! Haha… masih ingat yiping nya, ayahnya yang suka maen cambuk sama yiping.. sountracknya yang hou siang gou siang (ga tahu tukisannya bener kayak gini ga) hehe.. terus ada lagi namanya innocent heart. Yang main Fei Mao itu lhoo, yang gendut agak autis, tinggalnya sama ibunya.. suka banget sama fei mao nya, nurut dan berbakti sama ibunya, ga nakal, hehe..akhirnya tamat-tamatnya fei mao menikah sama perempuan autis juga, tetapi anaknya normal.. wah, sinetron ini bersahaja sekali menurut saya.. pengen nonton lagi..
Maen yoyo kayu!!
Haha, dulu bisa sampe lumayan jago saya maen ini mainan. Sampe dilempar-lempar keatas, kesamping, nahan puteran yoyo dibawah sampe beberapa detik, tali yoyonya dilipet-lipet pas yoyonya masih muter.. HAHA. Dulu saya masih inget beli yoyo ini di depan SD sama tukang jualan mainan.. ada yang yoyo kecil ada yang yoyo gede.. harganya kalo ga salah masih seribuan jaman dulu.. haha. Inget juga yoyonya dikasih semacam batu yang ditancepin di yoyonya, biar pas diputer dan nyerempet tanah bisa mengeluarkan percikan api, udah gitu mainnya di dalem kelas lagi.. haha inget banget sama yang satu ini. Terus habis yoyo kayu, liat iklan di tivi ada yoyo dari plastik yang ringan dan bisa nyala lampu.. jadi pengen HAHA..
Maen GIMBOT!
Wahahaha… maen tetris sampe jempol kapalan.. :D maen tembak-tembakan, balapan, dan game-game lain yang satu paket sama gimbotnya.. :D jaman dulu tuh gimbot masih pake baterai, sampe-sampe habis banyak banget baterai gara-gara habis terus dipakai main gimbot teralu sering :D
Big bad beetleborgs!
Haha! Satu lagi film yang musuhnya bisa nggambar, terus gambarannya nanti bisa hidup dan jadi musuhnya beetleborgs. Terus ada lagi nonton kartun bear, yang beruang kecil tinggal di rumah sama ayah ibunya, punya temen-temen sesama binatang, dan mereka semua bisa bicara! Hehe.. rasanya damaiiii banget pas liat nih kartun. Apalagi backsoundnya mendamaikan. Hehe
Minki momo sama creamy mami
Dulu pas tvone masih bernama lativi, sering nonton minki momo sama creamy mami!! (ya, ya, tokoh utamanya perempuan dan saya laki-laki.. tapi sekali lagi, saya cowok normal, bukan maho. Serius!) Haha… dulu masih inget banget pas sore-sore jam 4-an pasti saya udah standby di depan tivi, liat kartun minki momo sama creamy mami. Kebetulan ditayangin berurutan, masing-masing setengah jam.. :D minki momonya bersahabat sama binatang-binatang, terus creamy mamynya jualan kayak kue, bisa berubah juga.. hehehe… keren deh lativi jaman dulu.. :D
Maen tamiya.. !!!!!!!!!!!!
wesss ini mainan ga ada matinya!! Udah berpuluh-puluh tamiya yang saya beli.. beratus-ratus ribu saya menghabiskan uang orang tua saya.. seneng banget modif-modif tamiyanya… diganti bemper depanlah, diganti bemper belakangnya lah, dipakein roler yang gede plus mur yang panjang di pinggiran bemper depan sama bemper belakang.. terus bei dinamo yang duapuluh rebuan, yang magnetnya dahsyat, biar tamianya kenceng… hehe. Walaupun masih kalah sama tamianya tetangga-tetangga saya yang udah jago modif, dinamonya sampe ratusan ribu. Gila. (soalnya mereka udah SMP bray, saya dulu masih SD maennya, sampe smp juga sih, hehe). Sering banget bawa tamiya saya sama temen-temen buat diujicoba di sirkuit tamiya punyanya tetangga… wahhhh asyik banget pokoknya :D
Maen poster! (orang luar solo nyebutnya gambaran).
Beli seribu dapat seratus poster kecil-kecil, tapi masih gabung menjadi satu poster berukuran besar, harus diguntingi sendiri. Masih inget ketika saya beli poster di rumah tetangga yang jualan seharga serebu perak, terus pinjem guntingnya sekalian, terus diguntingi disitu juga, sampe sore, ngguntingnya lama banget.. ^^. biasanya posternya gambarnya dari dragon ball..
Posternya biasanya dijadiin qiu-qiu (cikal bakal judi nih =.=). Qiu-qiu itu apa? Yang suka berurusan sama kartu pasti tahu.. hehe.. terus bisa juga dipilih poster pilihan kita, terus dilempar ke udara sama posternya temen kita, kalo poster kita gambarnya terlentang, poster temen gambarnya tengkurap, saya menang, dan dapat beberapa poster sesuai kesepakatan awal. Bisa Cuma satu poster, 5 poster, 10 poster, atau bahkan seluruh poster yang dipunyai teman saya!
Makan gulali, bakso ojeg!
Sarapan dirumah kurang puas? Tinggal jalan ke depan SD, beli bakso ojeg 500 perak, dapat bakso gede-gede 5 biji, kenyang deh.. haha.. jaman dulu kayaknya juga bakso ojeknya ga ada bahan-bahan campuran berbahayanya, ga kaya jaman sekarang yang mengerikan disiarkan di berita-berita itu. Dikasih pewarna makanan lah, boraks, formalinlah… -.-. soal gulali, setiap istirahat , saya sama temen-temen sekelas yang cowok langsung ngerubingin tukang gulali. ^_^. Tukang gulalinya bisa membentuk gulali sesuai keinginan kita lho.. asyik banget
Maen gundu! (saya paling jago se kampung kalo urusan yang satu ini.. hehe ga sombong lho :D kenyataan soalnya_)
Pernah saya maen sama temen saya, waktu itu saya ga bawa gundu sama sekali, temen saya bawa gudu se kresek penuh. Lalu saya ajak maen lah temen saya itu. Karena saya tidak bawa gundu, maka saya pinjem dulu sebutir sama temen saya itu. Dan hasilnya : saya menang terus, dan saya pulang kerumah sambil membawa gundu se kresek penuh milik teman saya itu. WAHAHAHAHA, kemenangan yang manis ^^. Berangkat ga bawa apa-apa, eh, pulang bawa gundu puluhan butir. Temen saya sebaliknya, berangkat bawa gundu se kresek, pulang ga bawa apa-apa.. teman saya yang malang, harus berhadapan dengan saya yang paling jago sekampung :P
Maen petak umpet!
Sama krikit (kayak petak umpet juga, tapi maennya pas malem-malem,lingkupnya juga lebih luas, bisa sekampung bray! Bayangin aja nyari orang ngumpet sampe ngubek-ubek seluruh isi kampung… -_- biasanya malam-malam pas bulan ramadhan, habis terawih :D )
Main gangsingan.. !
haha gangsingan dari bambu yang kalo mau muter harus melilitkan tali di gangsingan nya dulu, lalu dipelintir, terus muter deh :D bunyinga swiiiiinnnngggg… hehe..
maen layang-layang!
Ga terhitung berapa jumlah layang-layang yang sudah saya beli. Ratusan?? Lebihh!! Hehe.. beli senar biasa, terus disambung sama senar gelas (senar yang dilapisi sama kaca lembut, biasanya digunakan buat sangkutan (adu layangan). Kadang suka iseng sendiri saya pas maen layangan, eh ada orang yang maen leyangan juga di kejauhan. Iseng saya ulur layangan saya, saya dekati, dan saya adu deh sama layangan itu. Dan hasilnya??? Malah layangan saya yang putus +_+. Bisa dibayangkan wajah si empunya layangan di seberang sana yang ketawa terbahak-nahak sambil berkata “haha.. niatnya mau nyangkut layangan ku, eh dia sendiri yang putus. rasain! Hahahahah XD”) Maklum masih kecil.. hehe..
Senar gelas saya aja cuman 500-an perak. Paling mahal saya belinya nyang 2500 perak. Anak-anak yang udah gede malah lebih gila lagi belinga. 5000 an perak sampe 50 rebu perak! Pantesan aja mereka ga terkalahkan pas adu layangan. Orang saya aja cuma pake senar abal-abal….
Terus biasanya kan habis sangkutan ada salah satu layangan yang putus tuh… udah deh, kalo udah ada yang putus, bakalan ada puluhan anak yang ngejar tuh layangan dengan brutalnya.. haha. Kalo layangannya yang putus tadi nyangkut di pohon, balapan naik deh mereka… pokoknya melakukan segala cara buat dapetin tuh layangan yang putus, karena yang dapet tuh layangan ditasbihkan menjadi  pemiliknya :P …. padahal kalo beli tuh layangan juga cuman 250 perak kok -.-. mungkin lebih ke masalah kehormatan/prestise kali ya kali ya… hehe…
Dan selama saya berkecimpung di dunia per layang-layang an (bahasanya ga nahan :P ), saya hampir selalu gagal rebutan tuh layangan putus. Saingannya anak-anak yang udah gede bray soalnya. Lah saya sama anak-anak seumuran saya yang masih bau kencur jelas kalah sama mereka yang bulu keteknya udah mulai tumbuh :P . Apalagi mereka kadang pake kayu buat meraih tuh layangan. Cuma sekali saya dapat tuh layangan putus selama berkarir di dunia layangan (bahasanya tambah berat-;-), itu pun saingannya pas cuma dua, dan sama-sama masih bau kencur seperti saya. Andaikata ada satu saja anak yang bulu keteknya udah tumbuh ikut memperebutkan, sudah pasti saya bakalan kalah lagi….
ngomong-ngomong, saya dulu pernah looo buat layangan sendiri dari koran.. hehe
Nonton wiro sableng…! sama saras 008…!
tato 212 di dadanya itu lhooo… ga nahann..XD… kampaknya juga ga nahan … xD. sama si buta dari gua hantu nya.. ga nahan semua pokoknya.. HAHAHA
saras 008 nya juga ga nahan.. haha…
Hunter x hunter, dragon ball..!
very addicted to dragonball, sampe-sampe seneng baget gambar huruf Z nya dragon ball Z. Waktu kecil, nyanyi-nyanyi lagu endingnya hunter x hunter sama teman-teman (“selamaat jalaaaaan jangan berpaling lagiiii dan teruslah melangkah…” #nyanyi) keras banget sambil jalan-jalan, sampe-sampe kedengeran satu RT, terus para tetangga pada nengok ke arah kita. Hehe.
—————————————————————————
Sudah deh, capek ngetiknya. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal nostalgic lainnya. Kalo ada yang kelupaan silahkan ditambahkan di kolom komentar yaa.. :)
Bagaimana, apakah anda nyengir-nyengir sendiri baca postingan ini?? merasa kangen mungkin?? Nyengir-nyengir kebo??? Senyam-senyum sendiri mengenang masa kecil kalian??? Haha.. itu juga yang saya rasakan ketika menulis postingan ini. Kenangan yang sangaaaaaaat indah yaaa…
Yah, saya sangat merasa beruntung sekali “dirakit” di tahun 92, dimana semua itu saya nikmati. Masa kecil saya sangattt bahagia :D .
Tapi kasihan juga ya.. anak-anak yang lahir di tahun-tahun milenium ini, ga bisa merasakan mainan-mainan tradisional dan segala hal sederhana dan bersahaja lainnya… soalnya anak-anak jaman sekarang masih bocah aja mainannya udah facebook sama twitter. Belum lagi maen game online macem point blank…
Yah, alhamdulillah deh saya punya masa kecil yang indah :D :D :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer