Sabtu, 12 Mei 2012

Dua Porsi Ikan Salmon Setiap Minggu Tingkatkan Kesehatan Ibu Hamil


Ikan Salmon telah lama dikenal karena manfaatnya yang sangat tinggi untuk kesehatan. Dan kini Salmon sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil.

Seperti yang dilansir Daily Mail, mengonsumsi ikan Salmon secara otomatis dapat meningkatkan kadar asal lemak omega-3 sekaligus memperbesar pertahanan antioksidan pada ibu hamil beserta dengan balita yang ada dalam kandungannya.

Penelitian tersebut dilakukan oleh sekelompok tim dari Universitas Granada. Dalam temuannya, mereka menyebutkan bahwa ikan salmon juga tidak mengubah tingkat stress oksidatif, respon inflamasi dan homeostasis (ketahan) vaskuler.

Dalam melakukan studi ini, para peneliti mengambil sampel secara acak terhadap ibu hamil yang tingkat konsumsi ikannya cukup rendah.

Sampel tersebut kemudian dibagi menjadi dua kelompok, pertama adalah ibu hamil yang menjalani pola makan biasa dan kedua adalah kelompok ibu hamil yang memasukkan ikan salmon ke dalam pola makannya.

Tidak lupa, para peneliti juga memberikan tambahan dua porsi salmon setelah 20 minggu masa kehamilannya. Salmon yang diberikan merupakan salmon pilihan yang dikembangbiakkan secara khusus di sebuah peternakan ikan, sehingga kadar asam lemak omega-3 nya lebih kaya, mengandung antioksidan yangs angay tinggi, serta mengandung vitamin A dan E, serta Selenium.

Setelah menjalani pola makan yang ditentukan oleh para peneliti, sampel darah dan urin para responden kemudian diambil. Peneliti juga memberikan kuisioner mengenai pola makan mereka sejak minggu ke-20 dan ke-34. Setelah itu sampel darah dan urin kembali diambil pada minggu ke-38.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa tingkat konesntrasi asam lemak omega 3 meningkat, khususnya pada ibu hamil yang sebelumnya jarang mengonsumsi ikan. Hasil yang sama juga terlihat pada bayi yang baru lahir.

Oleh sebab itulah, para peneliti kemudian mengambil kesimpulan bahwa dua porsi ikan salmon setiap minggu dapat membantu ibu dan bayi memiliki asupan asam lemak omega-3 yang sesuai dengan rekomendasi.


Sumber :  http://forum.vivanews.com/internasional/353369-dua-porsi-ikan-salmon-setiap-minggu-tingkatkan-kesehatan-ibu-hamil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer