Sabtu, 12 Mei 2012

Marwah Filindo, Bayi Indonesia-Palestina di Gaza


Tangis bayi perempuan itu langsung memecah keheningan ruangan operasi di Rumah Sakit Asy-Syifa, Gaza City, Jalur Gaza. Abdillah Onim, relawan MER-C Indonesia di Gaza, berkali-kali mengucap syukur atas kelahiran anak pertamanya dengan perempuan Gaza, Rajaa Al Hirthani pada Kamis 3 Mei 2012 sekitar pukul 11.50 waktu setempat. Bayi itu pun diberi nama Marwah Filindo.

Kelahiran Marwah menjadi bukti ikatan hubungan darah yang kuat antara Indonesia dan Palestina. Marwah menjadi bayi pertama keturunan Indonesia-Palestina yang lahir di Gaza, sekaligus menjadi bukti silaturahim antara kedua negara selain bangunan Rumah Sakit Indonesia yang dibangun di kawasan itu.

Abdillah Onim bertugas di Gaza sejak Juli 2010. Pria asal Galela, Maluku Utara ini berangkat bersama sejumlah relawan MER-C untuk mengawal proses pembangunan Rumah Sakit Indonesia. Pertengahan Februari tahun lalu, ia menikahi Rajaa Al-Hirthani. Upacara pernikahannya dihadiri para relawan, relasi, dan sejumlah pejabat pemerintah.

Ketika usia pernikahannya belum genap dua bulan, Rajaa sempat hamil namun keguguran. Tak lama kemudian, istri Abdillah ini hamil lagi dan akhirnya lahirlah Marwah ketika blockade terhadap Jalur Gaza masih berlangsung. Akibat blockade itu, kelangkaan bahan bakar minyak (BMM) sejak 5 bulan lalu masih berlangsung. Kondisinya diperparah dengan pemadaman listrik yang tidak menentu.

Sebagai orang asing yang hidup di negara lain dengan kondisi tersebut, Abdillah tak bisa menutupi kekawatirannya saat menyambut kelahiran putrinya. "Tentu diselimuti rasa was-was dan kekhawatiran,“ kata Abdillah. "Sebagai orang asing yang hidup di negara orang, harus ekstra hati-hati dan pintar-pintar dengan kebiasaan dan budaya setempat," dia menambahkan.

Abdillah kini menjadi Ketua MER-C Cabang Gaza, mengungkapkan saat proses kehamilan Marwah mengiringi pembangunan RS Indonesia di Jalur Gaza. “Awal kehamilan istriku bertepatan dengan dimulainya pembangunan RS Indonesia, kini lahirnya anakku bertepatan dengan selesainya 100 persen pembangunan tahap satu untuk struktur RS Indonesia,” ujarnya.

Marwah Filindo, Bayi Indonesia-Palestina di Gaza | dunia | Tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer