Minggu, 26 Februari 2012

Pakistan Hancurkan Sarang Osama bin Laden


Villa tempat persembunyian Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan (montrealgazette.com)


Pakistan menghancurkan sarang persembunyian Osama bin Laden di Kota Abbottabad. Di lokasi itu, pimpinan Al-Qaeda itu ditembak mati oleh tentara Amerika Serikat, Mei 2011 yang lalu.

Tempat ini merupakan bangunan besar dengan tembok tinggi mengelilingi sebuah rumah. Pejabat setempat mengatakan bangunan tersebut telah diserahkan oleh militer kepada otoritas sipil sebelum operasi dimulai.

Bangunan yang terletak di kota sebelah utara Islamabad itu dihancurkan oleh buldoser sejak petang hari. Tembok-tembok bangunan yang dijadikan sarang Osaama selama lima tahun itu dihancurkan sampai malam.

Pejabat Pakistan mengatakan penghancuran tempat ini telah diputuskan sesaat setelah serangan AS 2 Mei 2011 yang lalu. Namun, keputusan itu ditunda setelah pemerintah membentuk komisi untuk menginvestigasi serangan AS ke tempat ini.

"Karena komisi itu hampir menyelesaikan tugas dan tidak memerlukan bangunan ini untuk keperluan investigasi, diputuskan untuk menghancurkan tempat ini," kata pejabat setempat seperti dikutip BBC.

Penghancuran tempat ini dilakukan karena terus menarik perhatian masyarakat. Sehingga menimbulkan ancaman keamanan kota yang berdekatan dengan fasilitas penting militer Pakistan.

Penghancuran bangunan ini dijaga ketat oleh aparat keamanan. Warga setempat mengatakan, pemerintah telah menetapkan jam malam tanpa pemberitahuan. Laman berita BBC melaporkan penduduk setempat diminta untuk tidak meninggalkan rumah mereka. (adi)


Sumber : infoGue.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer