Rabu, 04 April 2012

Kementerian Korea Larang Remaja Nonton Konser Lady Gaga

(Foto: Reuters)
(Foto: Reuters)
SEOUL- Korea Selatan sebagai negara maju memang dikenal sangat memegang teguh akar budaya bangsanya, terutama soal budi pekerti.

Imbasnya, konser Lady Gaga yang akan digelar Seoul tertutup bagi anak yang berusia dibawah 18 tahun atas permintaan Kementrian Pemberdayaan Perempuan Korea Selatan. Mereka menilai, ada salah satu lagu milik Gaga yang tidak pantas didengar oleh anak-anak.

Pelarangan ini muncul karena banyak sekali keluhan yang masuk pada lembaga NGO and Christian Groups. Keluhan-keluhan tersebut rata-rata meminta Hyundai Card atau penyelenggara acara untuk membatalkan konser Gaga. Karena konser ini dianggap tidak pantas untujk anak-anak apalagi ada lagunya yang bercerita tentang homoseksual dan mengejek tokoh agama.

Pihak Korea Media Rating Board (KRMB) mengakatakan bahwa lagu Gaga yang berjudul Just Dance mendapat peringkat yang buruk dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan pada bulan November tahun lalu. Pihak Kementerian memberikan sebuah penilaian bahwa lagu tersebut tidak pantas didengarkan oleh para remaja karena liriknya tentang mabuk-mabukan dan clubbing.

“Kami percaya bahwa lagu Just Dance akan dibawakan di konser mendatang. Kemungkinan ini akan ditonton oleh para remaja dan ini bisa saja ditiru. Untuk itu lagu ini mendapat penilaian yang buruk,” ujar seorang sumber dari KRMB, dilansir Koreaherald, Selasa (3/4/2012).

Konser ini sendiri rencananya akan diselenggarakan pada 27 April 2012 mendatang di Olympic  Stadium. Pihak Hyundai Card pun mengaku kecewa dengan keputusan yang dibuat oleh pihak Kementerian.

“Sejujurnya ini sangat mengecewakan. Saya tidak pernah berpikir bahwa Korea ternyata tertutup terhadap masalah seni dan budaya dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya. Jadi keputusan ini agak mengejutkan dan kamu memohon maaf tentang berita ini apalagi untuk para remaja yang sudah membeli tiket,” ungkap seorang pejabat Hyundai Card. (tre)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer