Rabu, 21 Maret 2012

Blog Akan Mati di 2012



“Blog ga jaman lagi udah” kata Alvin si penggiat social network. “sotoy lu, Emang alasan blog mati apa” jawab Budi. “Ya iyalah, liat aja sekarang kan jamannya social network tu, twitter, Facebook, G+, nanti kedepan akan ada pesaing yang lebih bagus dari sosmed yg sudah ada, blog? bye bye” Si Alvin membalas. Si Budi pun hanya diam saja karena malas berdebat dan kebetulan perutnya mules mau ke WC liat muka si Alvin yg Sotoy. Hahaha :P.




Benarkah Blog akan mati? Kata siapa? Itu cuman cerita fiktip. Hahaha. Tapi kalau di piker-pikir sedikit ada benarnya. Bagaimana tidak social media saat ini menjadi tempat untuk membagi informasi dengan cepat di internet. Salah satunya adalah twitter. Orang lebih sering mengupdate twitter ketimbang blog. Ini karena twitter dapat langsung di lihat oleh audience banyak begitu pula dengan facebook.

Melihat terus bertambahnya penggiat social media, tentunya kelompok-kelompok atau perusahaan-perusahaan tidak tinggal diam hanya menonton perkembangan ini. Mereka tentunya juga membuat social network untuk menyaingi mereka dengan kelebihan-kelebihan masing masing. Dan tentunya pencapaian informasi akan lebih cepat lagi.

Melihat hal ini apakah Blog akan mati? Of course not! Blog masih punya banyak tempat di dunia. Melihat keterbatasan-keterbatasan social media yang hanya bisa post 140 karakter untuk twitter, facebook yang hanya 450 karakter, tentunya hanya blog yang dapat melampaui semua tanpa batas. Mau berapa banyak juga ga masalah. Namun bukan hanya itu intinya, blog menurut saya akan semakin berkembang seiring perkembangan jejaring social.

Apalagi dukungan-dukungan untuk blog seperti wordpress dan blogger.com dari pengguna dan komunitas-komunitas tidak akan di sia-siakan oleh pengembang. Justru uang mengalir untuk mereka. Walaupun mereka bangkrut aka ada pengembang baru dengan teknologi yang lebih tentunya.

Lantas apakah blog kita tetap di biarkan adanya? Kalau mau seperti apa adanya silakan, tapi ada baiknya lakukan sedikit perubahan yuk untuk 2012 dan seterusnya!
  • Integrate with social media. Jangan mikir lagi untuk buat akun social media. Buat sekarang juga, twitter, facebook, koprol, G+, dan lain-lain yang bisa anda tangani. Jangan paksakan akalu anda tidak bisa menangani semua akun. Kemudian pasang tombol “follow me” di blog anda. Buat dunia mengetahui blog anda dengan cepat.
  •  
  • Change Your Old Design. Kalau anda pakai tampilan blog yang lama/oldest, segera beralih yang baru. Banyak kok yg professional looking, gratis lagi. Kalau anda mau lihat desain-desain web sebagai contoh, bisa lihat themeforest.net
  • Keep It Simple. Dunia sekarang kembali melirik kesederhanaan. Banyaknya pilihan membuat orang-orang bingung dan solusinya adalah hal yang simple-simple aja. Yang penting kebutuhannya terpenuhi. Lantas apa hubungannya dengan blog? Ya ada. Buat desain blog adan simple. Atau “MINIMALIS” but Elegan. Ya ganti aja themnya dengan yg minimalis.
  • Originality Is The King. Kalau content is the king, maka content with originality is the lord of the king. Setuju? Yuk buat konten original sekarang juga. Ga perlu lagi di jelaskan kenapa harus original.
  • Money And Layout Must Have a Balance. Sumber uang anda seperti iklan adsense atau banner dan iklan lainnya harus seimbang dengan tampilan blog anda. Jangan terlalu memaksakan menaruh iklan di berbagai tempat. Ikuti saja aturan yang di berikan tampilan web anda. Misalnya seperti theme wordpress sudah di sediakan tempat-tempat iklan di sidebar biasanya. Dan ini tentunya sudah optimal. Jadi tidak perlu pasang sana pasang sini di oprek. Ini juga bisa bikin blog lebih cepat load karena browser tidak harus banyak membaca script-script iklan. Hey Bung! User internet sekarang sudah tau kok yg mana iklan dan yang bukan iklan!

Sumber : VivaForum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer