Jumat, 27 Januari 2012

Badai Matahari Menyebabkan Radiasi Meningkat

badai matahariWashington : radiasi Badai matahari terkuat sejak tahun 2005 lalu dikabarkan terjadi hari ini. Seperti Di kutip dari Media TGDaily, badai tersebut dipicu adanya letusan matahari beberapa waktu silam dengan suar massa koronal ejeksi atau CME kelas M8.7.

Administrasi Oseanografi dan Atmosfer Amerika Serikat atau NOAA melaporkan, badai matahari itu akan bergerak hampir 1.400 mil per jam dan terjadi pada pukul 09.00 waktu setempat. Ledakan yang bergerak cepat akan menimbulkan gerakan proton sangat energik atau dikenal sebagai peristiwa partikel surya energik.

Sementara itu, jumlah radiasi yang mencapai bumi pun telah meningkat hingga mencapai tingkat S3, meski diharapkan akan mulai menurun segera. Ada kekhawatiran radiasi tersebut bisa menyebabkan terganggunya komunikasi satelit, memengaruhi astronot di Stasiun Sace Internasional, serta sistem GPS. Untuk mencegah hal itu, pesawat cenderung mengalihkan penerbangan dengan lintang yang lebih rendah.

Kedatangan badai matahari juga kemungkinkan besar bisa mengintensifkan penampilan Cahaya Utara. Semalam dan malam sebelumnya, langit selatan hingga sejauh Irlandia disuguhi tampilan aurora menyilaukan. Malam ini, NOAA juga memprediksi bahwa aurora akan dapat dilihat di Amerika Serikat, New England, New York, dan Pacific Northwest.(BOG,TGDaily)
<p>Your browser does not support iframes.</p>

Sumber :  http://www.klikmaya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer