Minggu, 22 Januari 2012

Solusi Kekurangan SEO Blogspot

Solusi SEO Blogspot
SEO merupakan bagian dari sederet trik optimasi blog yang wajib diberi perioritas. SEO memiliki presentasi tinggi terkait usaha optimasi blog. Tanpa SEO, upaya optimasi blog yang dilakukan oleh blogger tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Dengan mengoptimalkan teknik SEO suatu blog akan terlihat lebih bernilai dimata search engine sehingga dengan demikian blog yang dianggap memiliki reputasi oleh search engine akan diberi kesempatan untuk ditampilkan dalam hasil telusur berdasarkan relevansi kata kunci.   

Metode penerapan teknik SEO dapat dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, dalam hal ini hosting blog yang kita gunakan juga akan menentukan bagaiamana nantinya teknik SEO tersebut kita terapkan. Dalam dunia blogging, terdapat dua hosting blog gratis terpopuler dengan jumlah pengguna paling banyak saat ini yaitu Blogspot (blogger.com) dan Wordpress . Kedua hosting blog gratis tersebut saat ini memiliki jumlah pengguna terbanyak, tidak hanya di Indonesia tetapi juga diluar Indonesia, seperti Jepang, Amerika, UK, dst.

Blogspot/Blogger dan Wordpress menjadi pilihan utama bagi pengelola blog (webmaster) karena kedua hosting tersebut dianggap sebagai yang terbaik jika dibandingkan dengan beberapa hosting blog gratis lainnya. Selain itu, factor usia kedua hosting tersebut juga cukup relevan untuk dijadikan alasan kenapa kedua hosting tersebut menjadi yang terfaforit.

Blogspot dan Wordpress adalah dua hosting blog gratis yang masing-masing memiliki sisi persamaan dan perbedaan. Dari beberapa nilai perbedaan diantara kedua hosting tersebut diantaranya adalah mengenahi SEO (Search Engine Optimization). Optimasi teknik SEO untuk kedua hosting blog gratis ini sedikit dibedakan, Wordpress dalam hal ini dianggap lebih baik dibanding Blogspot.

Apa keunggulan Wordpress dibanding Blogspot terkait SEO? Dimana letak kekurangan Blogspot perihal SEO? Bagaimana solusinya? Berikut ulasannya:

1.     Blogspot tidak memiliki Real Category.
Category yang tersedia di Blogspot sebenarnya hanya berupa Label dan Label tidak dapat di index oleh robot Google.

Solusi: Gunakanlah tag Nofollow pada setiap link yang menuju Label. Jangan memasukkan link Label pada posting, ini hanya akan memperbanyak jumlah Crawl Error pada blog.

2.     URL posting yang sangat pendek/terbatas.     
Blogspot tidak memberikan karakter yang panjang pada URL posting, sehingga URL posting yang terlalu panjang dengan sendirinya  akan terputus.

Solusi: Pada saat hendak melakukan posting gunakan judul yang singkat, setelah posting tersebut berhasil anda publish silahkan edit kembali judul posting tersebut kemudian publish ulang. URL posting akan tetap sama.

3.     Validasi Template   
Secara keseluruhan template Blogspot tidak valid XHTML, padahal validasi template cukup berpengaruh terhadap SEO.

Solusi:  Gunakan w3c validator untuk mengecek jumlah error pada template, perhatikan pada
bagian yang error kemudian silahkan perbaiki. Meski template Blogspot tidak bisa total valid, namun kita bisa meminimalisir jumlah error tersebut. 

Sumber : http://www.infogue.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer